SIAPA LAGI YANG INGIN TOKONYA RAPI DAN TIDAK PERLU PUSING HITUNG HASIL PENJUALAN

Hai ..... paket superpromo telah berakhir, terimakasih atas atensinya. Untuk mendapatkan harga terbaik diluar event promo silahkan kontak kami via WA 088216404528. Terimakasih

Toko Retail Skala Kecil Perlu Berbenah Diri Dengan Sistem Kasir Ala Toko Modern ?

Apakah toko retail skala kecil perlu menerapkan layanan sistem kasir dengan menggunakan program kasir alias ikut bergaya modern agar dapat bersaing dengan peretail modern

Toko Retail Skala Kecil Perlu Berbenah Diri Dengan Sistem Kasir Ala Toko Modern ? - Komputerisasi atau sistem kasir pada usaha retail sebenarnya tidak mutlak hanya untuk pebisnis retail modern atau pebisnis retail besar. Komputer Kasir dapat saja digunakan pada usaha retail sekala kecil. Lantas apakah itu menjadi keharusan bagi usaha retail sakala kecil? Tidak harus. Jika memang mampu mengalokasikan itu saya kira lebih baik. Artinya dalam mengelola usaha toko  retail kita tentu dapat berhitung berapa omset kita dalam sebulan misalnya
. Berapa keuntungan kotor kita, berapa operasional kita dalam sebulan. Jika itu andalan ekonomi kita, masih cukupkah sisa keuntungan setelah disebagian dipakai untuk biaya hidup untuk investasi penerapan sistem kasir. Untuk toko kecil dengan omset 2 juta per hari atau 60 juta per tahun jika keuntungan rata-rata 15% maka keuntungan kotornya 9 juta per bulan. Toko dengan omset 4 juta per hari keuntungannya 18 juta per bulan. Sudah layakkah? Ya silahkan dipikirkan sendiri.
Taruh lah investasi untuk 1 komputer kasir merangkap admin bagi toko kecil (minimarket  biasanya pakai minimal 2 komputer - 1 untuk kasir dan satunya untuk admin back office) adalah 12 juta dengan asumsi umur pakai 5 tahun dan biaya support dari vendor programnya perbulan 200rb (pertahun 2,4 jt) maka beban biaya software kasir adalah  4,8 juta per tahun atau sekitar 400 rb/bln. Plus kita perlu menambah seorang tenaga pelayanan merangkap kasir dengan gaji 1,3 juta/bln (kecuali semuanya ditangani sendiri). Maka setidaknya kita siapkan beban operasional pengelolaan toko kita 1,7 juta/bln. 
Apakah kita rugi dengan tambahan biaya kurang lebih 400 rb/bln untuk sistem kasir? kalao Anda bilang "nambah-nambah biaya saja" apa alasannya?. Mungkin karena Anda terbiasa terkungkung dari pagi, siang sampai malam mengelola toko sehingga berfikiran seperti itu?. Setidaknya sistem kasir akan membantu Anda mengelola data toko Anda. Jika Anda memanfaatkan sistem backoffice (artinya semua kulakan Anda Anda catatkan secara rapi di komputer, maka stok Anda akan dapat termonitor. Mana yang harus sudah saaatnya kulakan lagi akan terlihat hanya dengan klik laporan. Hutang-hutang Anda pun tercatat rapi dikomputer, jika sistem kulakan Anda melibatkan sistem tempo atau konsi). 
Namun jika tenaga Anda kurang sehingga tidak sempat menyentuh backoffice dan lebih fokus ke penataan dislpay dan layanan pelanggan, Anda dapat saja mengoptimalkan fungsi Sistem kasirnya. Anda hanya perlu update harga jual saja jika diperlukan. Semua data penjualan akan tercatat rapi. Uang hasil penjualan pun akan tercatat rapi. Saat tutup toko Anda tinggal pencet laporan "cret" sudah keluar semua. Jadi gak perlu sibuk notal omset hari ini. Itulah kelebihan jika Anda menerapkan komputer kasir.
Setidaknya Anda tentu harus mulai berfikir bagaimana memanjakan pelanggan, gaya swalayan tidak mesti harus pakai komputer koq.